Link Twibonnize Hari Pancasila 2022, Sejarah, Tema, dan Logo Terbaru

Memperingati Hari Pancasila 1 Juni 2022 bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti membuat Twibonnize yang menarik. Twibonnize tersebut bisa kamu share ke media sosial.

Tentunya, selain Twibonnize, kamu pun bisa memperingati Hari Pancasila 1 Juni 2022 dengan cara lain. Seperti mengikuti lomba atau membuat video kebangsaan. Apalagi, pancasila merupakan dasar negara Indonesia.

Kamu pun perlu menyimak beberapa informasi yang menarik mengenai Hari Pancasila. Mulai dari sejarah, hingga link twibbonize yang bisa kamu gunakan.

Sejarah Hari Pancasila

Mulanya 1 Juni diperingati dengan Hari Pancasila berawal ketika Soekarno memberikan pidato dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai atau Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI) pada 1 Juni 1945. Akhirnya, pidato Bung Karno dirumuskan menjadi Pancasila yang nantinya menjadi dasar negara Indonesia.

Soekarno mengusulkan dasar negara yang mencakup philosophische grondslag, yaitu dasar filsafat, fundamen, serta pikiran mendalam yang jadi dasar sebuah negara Indonesia. Berikut usulannya:

  • Kebangsaan atau nasionalisme
  • Kemanusiaan atau internasionalisme
  • Musyawarah, mufakat, perwakilan
  • Kesejahteraan Sosial
  • Ketuhanan yang Berkebudayaan

Soekarno memperkenalkan 5 Sila lewat forum sidang BPUPKI pada 1 Juni 1945. “Sekarang, banyaknya prinsip kebangsaan, internasionalisme, mufakat, kesejahteraan, dan ketuhanan, lima bilangannya,” ujar Soekarno.

Baca Juga: FM WhatsApp Atau WA Download dan Cara Instal Mudah Tercepat

Tema Tahun 2022

Setiap tahun, tema Hari Pancasila selalu berubah. Hal ini dilakukan berdasarkan urgensi serta hal-hal yang menjadi prioritas setiap tahunnya. Supaya Hari Pancasila memiliki tujuan yang konkrit dalam peringatannya.

Tahun 2022 ini, tema Hari Lahir Pancasila adalah “Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia”. Kamu pun bisa download tema serta logo Hari Pancasila yang ada di link berikut.

Dikutip dari Surat Edaran Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Nomor 4 Tahun 2022, peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 digelar dengan melaksanakan upacara secara hybrid atau campuran luring dan daring. Hal ini dilakukan sebagai udaha mendorong upaya pemerintah dalam mencegah, mengendalikan serta  memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 di Indonesia.

Terpusat di Nusa Tenggara Timur

Selain itu, tahun 2022 ini, peringatan Hari Lahir Pancasila digelar secara terpusat di Lapangan Pancasila Ende, Kelurahan Kotaraja Kecamatan Ende Utara, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Selain itu, upacara peringatan pun digelar di masing-masing instansi pemerintah pusat maupun daerah hingga kantor perwakilan Republik Indonesia yang ada di luar negeri.

Tidak hanya itu, upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar Lapangan Pancasila Ende akan dilakukan pada Rabu, 1 Juni 2022 pukul 09.00 WITA. Kamu yang berada di daerah terdekat bisa menyimak upacara di lokasi peringatan.

Terlebih, Presiden, Wakil Presiden, pimpinan lembaga negara, kementerian/ lembaga, pemerintahan daerah provinsi, kabupaten/kota, perwakilan negara sahabat di Indonesia, perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, dan para tokoh serta seluruh tamu undangan akan hadir si upacara ini baik secara luring maupun daring.

Sayangnya, Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 yang dilaksanakan di masing-masing instansi pemerintah pusat dan daerah hingga kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri dihilangkan untuk sementara.

Untuk mengganti hal tersebut, instansi pemerintah bisa turut serta dalam upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila terpusat di Lapangan Pancasila Ende, Kelurahan Kotaraja, Kecamatan Ende Utara, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur secara online melalui aplikasi conference.

Dalam peringatan Hari Lahir Pancasila 2022, BPIP mengungkapkan bahwa aktivitas atau kegiatan cadangan guna memperingati serta memeriahkan Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 bisa dilaksanakan dengan kreatif namun tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19.

Link Twibbonize Hari Lahir Pancasila 2022

Kamu bisa memeriahkan Hari Lahir Pancasila 2022 dengan mengunggah Twibonnize di sosial media. Tentunya, Twibonnize bisa dengan mudah didapatkan dan memiliki banyak desain unik dan menarik.

Selain itu, kamu juga bisa membuat desain sendiri. Sehingga, kamu bisa membuat Twibbonize Hari Lahir Pancasila 2022 yang khas dan berbeda dengan orang lain. Akan tetapi, keahlian desain grafis dibutuhkan supaya kamu bisa melakukan hal tersebut.

Di Twibonnize, kamu akan menemukan desain Hari Lahir Pancasila 2022 yang beragam. Sehingga, kamu bisa memilih yang menurut kamu itu bagus dan menarik. Namun, kamu pun harus memperhatikan, karena terkadang ada desain yang disematkan logo tertentu.

Misalnya, logo kampus, logo kantor, organisasi, hingga komunitas. Carilah Twibbonize Hari Pancasila 2022 yang tidak memiliki logo tersebut. Namun, kalau kamu merupakan bagian dari logo tersebut, tentunya hal ini tidak akan menjadi masalah.

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan tahun yang tersemat dalam desain. Jangan sampai kamu tidak menggunakan desain Twibbonize yang tidak update. Sebab, setiap tahunnya Hari Pancasila diperingati dengan tema dan logo yang berbeda-beda. Kalau sampai beda tahun, tentunya kamu akan merasakan malu saat dishare ke sosial media.

Berikut adalah link Twibbonize Hari Lahir Pancasila 2022: Di Sini

Nah, itulah hal menarik mengenai Hari Pancasila serta Twibbonize yang bisa kamu gunakan. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button