Cek BLT Dana Desa Terbaru Juni 2022 Terlengkap!

Cara cek BLT dana desa di tahun 2022 ini sudah dapat dilakukan secara berkala. Bantuan Langsung Tunai (BLT) merupakan salah satu program yang mempunyai tujuan untuk membantu dan memulihkan ekonomi secara nasional. 

Bantuan Langsung Tunai (BLT) ini memang memanfaatkan sumber dana dari anggaran desai yang sesuai dengan namanya. Besar harapan dengan adanya Bantuan langsung tunai (BLT) bisa menjangkau masyarakat desa yang sedang membutuhkan. 

Untuk saat ini banyak dari kalangan masyarakat yang bisa menerapkan cara cek BLT dana desa dengan mengakses link sid.kemendesa.go.id. Menteri Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto juga menjelaskan bahwa untuk besaran BLT dana desa di tahun 2022 sebesar Rp.300.000,00. 

Dengan adanya bantuan Bantuan Langsung Tunai (BLT) ini dijadikan alat untuk pengentasan kemiskinan. Pemerintah Republik Indonesia juga menargetkan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) sudah dapat disalurkan kepada 649.000 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). 

Syarat yang Diperlukan

Sebelum anda melakukan cara cek BLT dana desa lebih baik memperhatikan dan memenuhi syarat terlebih dahulu. Untuk beberapa syarat yang perlu diperhatikan adalah: 

  • Masyarakat yang ingin mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) harus mempunyai Nomor Induk Kependudukan (KTP) dengan domisili setempat. 
  • Menjadi salah satu warga miskin dan miskin secara ekstrim dengan kriteria dari Kementerian Sosial (Kemensos). 
  • Masyarakat tidak terdaftar pada DTKS Kemensos dan penerima bansos PKH, BPNT dan sebagainya. Sehingga, untuk masyarakat yang mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) ini tidak menerima bantuan dari program lainnya. 
  • Masyarakat yang ingin mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tidak terdaftar pada kartu pra kerja dan tidak menerima bantuan dari pemerintah lainnya. 
  • Menjadi warga yang kehilangan pekerjaan karena sesuatu hal. Apalagi dengan semenjak adanya virus corona yang menyerang Indonesia, banyak dari kalangan masyarakat terkena pengurangan dan jumlah pengangguran semakin meningkat. 
  • Mempunyai salah satu anggota keluarga yang sedang mengalami sakit kronis. Selain itu, anggota keluarga juga tidak bisa menghandle biaya pengobatan untuk proses penyembuhan. 

Seperti yang sudah disebutkan diatas untuk masyarakat yang ingin menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) tidak boleh terdaftar pada DTKS Kemensos. Maka dari itu, untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) pada tahun 2022 berbeda dengan PKH dan BPNT di saat proses pengecekannya. 

Baca Juga: 10+ Kode Redeem FF Terbaru Terupdate dan Masih Aktif 

Menyimak Penjelasan Mengenai Cara Cek BLT Dana Desa 2022 

Bagi anda yang ingin tahu apakah nama sudah terdaftar dari salah satu penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu. Proses pengecekan Bantuan Langsung Tunai (BLT) bisa dilakukan dengan cara online. Untuk cara cek BLT dana desa yang harus anda lakukan adalah: 

  • Langkah yang pertama, anda harus mengunjungi di situs atau lama sid.kemendesa.go.id. Usahakan di saat akan melakukan akses situs, jaringan internet pada smartphone atau perangkat anda sudah stabil. 
  • Langkah kedua, pada saat anda sudah berhasil membuka situs dan berada di halaman utama akan diberikan banyak pilihan menu. Untuk pilihan menu yang bisa anda pilih adalah “pencarian data desa”. 

Ketika sudah berada di menu tersebut anda langsung saja masukkan nama desa. Jangan sampai di saat proses memasukkan nama desa ada kesalahan, ketika terjadi kesalahan di saat memasukkan pasti tidak akan muncul. 

  • Langkah ketiga, masukkan atau ketikan nama desa pada kolom yang tersedia di halaman tersebut. Pilih salah satu nama desa yang sesuai dengan tempat tinggal. Ketika sudah ketemu bisa langsung memberikan klik enter. 
  • Langkah keempat, pada saat sudah muncul nama desa maka bisa memilih menu “bantuan langsung tunai (BLT) desa”. 
  • Langkah kelima, anda akan diberikan banyak sekali nama-nama yang masuk ke daftar penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan desa. 

Pada saat anda sudah memastikan bahwa nama anda ada di daftar Bantuan Langsung Tunai (BLT) masih ada satu hal lagi yang harus diperhatikan. Sebelum berkunjung ke kantor kelurahan lebih baik anda menyiapkan beberapa dokumen terlebih dahulu. 

Untuk beberapa dokumen yang harus dipersiapkan adalah surat undangan, kartu keluarga yang asli dan fotokopi, kartu tanda penduduk. Pastikan semua data yang sudah disebutkan sudah benar-benar dipersiapkan supaya proses pengambilan Bantuan Langsung Tunai (BLT) berjalan secara lancar. 

Cara melakukan pengecekan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang sudah disebutkan di atas ini bisa saja mengalami perubahan di beberapa waktu mendatang, jadi Anda harus tetap update informasi. Maka dari itu, kalangan masyarakat bisa selalu update dengan cara melakukan pengecekan Bantuan Langsung Tunai (BLT). 

Sekian penjelasan mengenai cara cek BLT dana desa yang sudah dijelaskan secara rinci dan juga jelas. Besar harapan dengan penjelasan diatas dapat membantu kalangan masyarakat yang mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa, tentunya Anda harus tetap update informasi agar tidak ketinggalan kabar terbaru. Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button