Apa Itu Software? Simak Jenis-Jenis Software Terlengkap!

Anda pasti pernah bertanya apa itu software? Apalagi di dunia yang serba canggih ini semua kegiatan manusia telah dibantu dengan yang namanya teknologi. 

Teknologi merupakan alat yang hamper digunakan disegala bidang. Dengan adanya teknologi, manusia dapat mengefisienkan pekerjaannya, mempersingkat waktu kerjanya, serta lebih dipermudah dalam melakukan sesuatu. 

Dalam teknologi komputer ada yang dinamakan software dan juga hardware. Kita sebagai orang Indonesia sering menyebutnya perangkat lunak dan juga pernangkat keras. Lalu apa sih sebenarnya perangkat lunak itu? Yuk Simak pengertian software dan juga jenis-jenisnya dibawah ini ya!

Baca Juga: 5 Tips Memilih dan Membeli iPhone Bekas Biar Nggak Kena Tipu!

Apa Itu Software? 

Software atau dalam bahasa Indonesia disebut perangkat lunak merupakan data yang telah dirancang, diprogram, disimpan, serta telah di format dalam bentuk digital untuk melakukan fungsi tertentu. Seperti namanya, perangkat lunak. Ia tidak memiliki perangkat dalam bentuk fisik. Software dapat dioperasikan ketika kita menggunakan komputer. 

Pembuatan software membutuhkan bahasa khusus yaitu Bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman sendiri memiliki banyak jenisya. Orang yang menuliskan dan membuat suatu program di sebut dengan programmer. 

Software yang berisikan program ini akan dikompilaskan memakai aplikasi kompiler supaya kode-kode tadi dapat dikenali oleh mesin hardware. Hardware disini adala perangkat keras seperti komputer. 

Software yang ada dalam hardware merupakan nyawa dari hardware. Tanpa adanya software (utamanya system operasi) komputer tidak akan mungkin dapat dijalankan. Software ini berisikan perintah program untuuk menjalankan kebutuhahan pada komputer. 

Nah, menurut kamu, apa saja sih fungsi dari software? Untuk bisa memahaminya lebih dalam, yuk, kita simak fungsi software di bawah ini : 

Fungsi 

Beberapa fungsi dari software adalah 

  • Software sebagai nyawa dari komputer adar dapat dioperasikan dengan baik 
  • Software dapat mengatur hardware pada komputer sehingga sesuai dengan perintah yang kita inginkan 
  • Software juga dapat menjadi penghubung antara satu software dengan yang lainnya di ke hardware komputer. 
  • Software berfungsi sebagai penerjemah perintah 
  • Software dapat membantu mengidentifikasi sebuah program di dalam komputer. 
Baca Juga: Apa itu Secreto dan Cara Membuat Link Dengan Mudah

Jenis-Jenis Software 

Ada beberapa jenis-jenis software jika dibedakan berdasarkan distribusinya. Berikut adalah 7 jenis software berdasarkan jenis software yang harus kamu ketahui 

  1. Firmware 

Filmware adalah salah satu jenis software yang tergolong jenis penyimpanannya tidak dapat kamu ubah sifatnya. Disini kamu hanya bisa membacanya saja. Dengan kata lain, kamu tidkaa perlu lagi memodifikasi mapun mengembangkan lebih lanjut software ini. Kekurangannya adalah kamu tidak akan bisa merubah ataupun memodifikasi software ini meski adanya masalah pada fungsinya. 

  1. Freeware

Freeware adalah salah satu jenis software yang tergolong tidak memiliki batas waktu tertentu. Meskipun demikian, Freeware memiliki kelemahan yaitu banyak jenis software freeware yang tidak begitu lengkap. Hal ini menyebabkan penggunaannya menjadi kurang maksimal. 

  1. Adware

Adware adalah salah satu jenis software yang tergolong murah karena dapat diperoleh tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun. Dengan kelebihannya ini, tentunya adware memiliki kekurangan yaitu software ini masih menghadirkan iklan pada perangkat komputer yang digunakannya. 

  1. Opensource 

Opensource adalah salah satu jenis software yang tergolong menarik. Pada jenis software kali ini, kamu dapat membuka kode sumbernya. Keuntungan yang diterima kamu karena dapat  mengakses kode sumber adalah kamu dapat mengubah, meningkatkan, dan juga menyebarluaskannya. 

Biasanya software ini dapat diperoleh secara gratis dan dapat dikembangkan oleh orang lain dengan menggunakan lisensi yang bernama GPL (General Public Licennse). 

  1. Malware

Malware merupakan salah satu jenis software yang tergolong berbahaya dan juga dapat merusak apabila tidak digunakan dengan bijak ataupun disalagunakan. Banyak orang-orang iseng yang menyalahgunakan perangkat ini dengan cara sengaja merancangnya untuk menyebabkan kerusakan pada komputer, klien, jaringan komputer, dan lain sebagainya. Contoh dari malware adalah virus komputer. 

  1. Shareware

Shareware merupakan salah satu jenis software yang tergolong berguna untuk keperluan tertentu. Kamu dapat menggunakan software ini secara grtis. Biasanya software ini digunakan sebagai demonstrasi. Sayangnya fitur dan juga waktu dari penggunakaan software ini terbatas. 

  1. Spyware 

Spyware merupakan salah satu jenis software yang tergolong dapat membantu kamu memata-matai setiap akivitas dari pengguna komputer. Spyware ini berisikan salah satu bentuk program berbahaya yang akan memasangkan softwarenya sendiri ke dalam suatu system. Biasanya digunakan untuk mencuri data pengguna ataupun digunakan untuk merusak system pengguna tersebut. 

Dengan membaca informasi di atas tentu Anda sudah harus memahami memahami tentang apa itu Software, fungsi, sampai jenis-jenis Software. Terlebih, dunia teknologi terus berkembang dan tentu kita harus segera mengikuti perkembangannya.

Nah itu tadi 7 jenis software berdasarkan distribusinya. Bagi Anda yang tertarik dengan ilmu komputer, jangan sampai tidak membaca artikel ini sampai habis dan jangan lupa share ke orang-orang terdekat kamu, ya. Tertarik lebih dalam untuk membaca seputar software? 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button